Desain Website Kekinian

Spread the love

Setiap masa pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti model baju, tahun 90an pasti akan berbeda dengan tahun 2000. Hal tersebut juga ternyata berlaku untuk website. Benar sekali, website. Siapa sangka bahwa website juga memiliki tren yang berbeda-beda tiap tahunnya. Bagi Anda pengelola website, Anda harus tahu dan pandai menyesuaikan tren tersebut. Hal ini dimaksudkan agar web Anda tetap banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Inovasi untuk model website memang tidak ada matinya. Karena teknologi terus berkembang, sehingga desain website juga turut mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Maka dari itu, sering melakukan riset terkait perkembangan teknologi dan tren website menjadi sebuah keharusan agar website yang Anda kelola selalu update. Berikut adalah beberapa desain web yang tengah populer akhir-akhir ini.

1. 3D Elemen

Menambahkan elemen tiga dimensi akan membuat website yang Anda kelola menjadi semakin menarik. Tidak hanya itu, desain model yang satu ini juga tidak pernah mati, karena penggemarnya selalu ada. Kehadiran d elemen akan membuat website Anda menjadi lebih menarik, sehingga akan semakin banyak pengguna internet yang berkunjung ke web Anda.  Jika web Anda merupakan sebuah tempat untuk jual beli produk, maka 3d elemen menjadi desain atau model web yang paling tepat.

3D Elemen akan membuat produk yang ditawarkan dalam web tersebut menjadi semakin hidup atau nyata. Produk yang ditawarkan akan semakin elegan dan nampak modern, sehingga tak heran jika akhirnya banyak ecommerce yang menggunakan desain model tiga dimensi ini untuk mengingat para calon konsumen. 3D elemen yang sering digunakan dalam sebuah desain web kekinian adalah model minimalis, sehingga sangat sesuai dengan kaum millenial yang kini merajai dunia internet.

2. Dark Mode

Akhir-akhir ini dark mode atau mode gelap tengah naik daun dan memiliki penggemar tersendiri. Bahkan kini hampir semua aplikasi digital yang menghadirkan fitur dark mode. Fitur dark mode juga dihadirkan pada beberapa tipe smartphone. Fitur mode gelap memang lebih banyak dipilih dengan berbagai alasan, salah satu alasannya yakni karena mode gelap tenang dan nyaman dipandang sehingga pengguna betah berlama-lama menatap layar smartphone mereka.

Tren dark mode atau mode gelap ini ternyata berlaku juga untuk laman website. Dark mode membuat tampilan website menjadi lebih elegan sehingga semakin menarik para pengunjung web. Tidak hanya itu, dark mode dipercaya lebih menghemat daya baterai, sehingga dapat menjadi solusi alternatif bagi Anda yang mudah sekali kehabisan daya baterai. Dengan menggunakan dark mode, tulisan dalam website juga lebih terlihat jelas, sehingga tidak mengganggu pembaca dalam mencerna informasi yang terdapat dalam website tersebut.

3. Monokrom

Pilihan warna monokrom memang selalu memiliki tempat tersendiri dihati penggemarnya. Tidak hanya fashion saja yang dapat menggunakan warna monokrom. Pilihan warna monokrom untuk sebuah website ini juga banyak dipilih. Warna monokrom ini menjadi pilihan warna yang paling fleksibel karena dapat ditempatkan pada berbagai gaya website, mulai dari yang klasik, minimalis, sampai gaya modern yang kini banyak digandrungi para millenial. Pilihan warna monokrom juga tidak berlebihan, sehingga pengunjung akan semakin nyaman dan betah berlama-lama berselancar di web yang Anda kelola.

Monokrom tidak akan membuat website menjadi monoton, justru sebaliknya monokrom akan membuat website terlihat unik, berkelas, dan juga elegan sehingga semakin menarik perhatian banyak pengguna internet. Warna monokrom seperti itu juga sangat cocok jika dipadu padankan dengan berbagai jenis font kekinian yang akan semakin membuat website Anda menjadi lebih elegan.

4. Menambahkan Ilustrasi dan Foto

Sebuah website umumnya dicirikan dengan banyaknya tulisan yang merupakan sumber informasi. Namun umumnya, setiap orang pasti akan merasa bosan jika terus menerus dihadapkan pada tulisan yang monoton. Oleh sebab itu, menambahkan ilustrasi maupun foto dalam sebuah website dapat membuat tampilan web menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Ilustrasi dan foto juga dapat menjadi input tambahan yang menambah informasi dalam web tersebut. Misalnya saja jika dalam website tersebut Anda bercerita tentang pengalaman Anda berlibur ke suatu tempat. Maka penambahan ilustrasi dan foto akan semakin memperkuat penggambaran cerita yang coba Anda bangun. Pembaca juga semakin memahami informasi yang coba Anda bagi.

Demikian adalah beberapa rekomendasi desain web yang dapat Anda pilih untuk mengembangkan website yang Anda kelola agar tetap kekinian namun juga informasi yang terdapat didalamnya tetap tersampaikan dengan baik. Desain-desain tersebut dapat Anda sesuaikan dengan konten yang terdapat dalam web Anda, sehingga tetap sesuai dan nyaman ketika dikunjungi. Desain tersebut mungkin akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, sehingga sebagai pengelola web Anda harus terus up date terhadap perkembangan teknologi terkini.